“Pelanggan adalah Raja, Pelanggan
tidak bergantung kepada kita tetapi kitalah yang bergantung kepadanya,
pelanggan tidak pernah mengganggu pekerjaan kita, karena kita bekerja untuk
melayaninya”
Ungkapan diatas tentu sering
didengar secara umum. Dan memang menjadi hal yang sangat penting. Pelanggan
merupakan factor terpenting bagi perusahaan yang ingin berkembang.
4 september merupakan Hari
pelanggan nasional (Harpelnas) dimana perusahaan memeberikan pelayanan lebih
kepada para pelanggan dengan tema-tema dan acara yang menarik, ada yang memberikan suguhan makanan
di suatu bank di setiap pelanggan memasuki banking hallnya. ada juga yang
memakai pakaian koki, memberikan makanan gratis, memberikan mug/suvenir dengan
syarat bisa menjawab quiz, menyuguhi tarian daerah, dll.
Perusahaan dalam mengambil
keputusan akan memperhitungkan factor “pelanggan”, apa yang lagi disukai
masyarakat atau dengan kata lain perusahaan – perusahaan berlomba-lomba dalam
memberikan pelayanan berbasis customer oriented.
Banyak perusahaan yang hanya
tinggal kenangan bukan karena tidak menanggapi perubahan perilaku konsumen
tetapi terlambat dalam menanggapi perubahan tersebut. Dahulu ada disc tarra,
toko yang menjadi rujukan untuk membeli kaset lagu tetapi sekarang mau
menikmati music tinggal mendownload melalui browser internet.
Transportasi seperti taksi sudah
mulai ditinggalkan oleh masyarakat dengan hadirnya transportasi online seperti
GoJek, Grab dan Uber. Hal ini menunjukkan semakin pekanya perusahaan dalam
menanggapi permintaan pasar(Customer oriented) dan konsumen semakin cerdas
dalam mengambil keputusan berkonsumsi.
Di Harpelnas 2017 ini, semoga
menjadikan keberadaan pelanggan itu sangat penting dan memberikan edukasi lebih
banyak lagi sehingga pelanggan dan perusahaan menjadi mitra yang saling
membutuhkan.
“Senyum Pelanggan, Senyumku Juga”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar