“Handphone dari china, tv dari china, sekarang mobil dari
china mulai menjadi trending topic di dunia otomotif indonesia apalagi semenjak
pameran Gaikindo Indonesia international Auto Show (GIIAS) tanggal 10 sd 20
agustus 2017 di BSD Bekasi.
PT. SGMW Motor Indonesia melalui mobil “Wuling” menjadi daya
Tarik tersendiri pada pameran otomotir terbesar di asia tenggara dan merupakan
mobil paling popular di negeri china di tahun 2016.
“Wuling motor”, mobil pabrikan china yang ikut berperan di
Pameran otomotif Gaikindo agustus 2017 ini dengan bandrol mulai dari Rp128,8
juta untuk varian terendah, dan Rp162,9 juta pada varian tertinggi. Dari
harga mobil yang ada, harga yang dibanderol tergolong murah dibandingkan mobil
pabrikan amerika, jepang dan eropa.
Sebenernya kalau berbicara mobil pabrikan china yang masuk
ke indonesia, ini bukan yang pertama tetapi di tahun 2010 sudah ada merk geely,
foton dan chery yang masuk ke Indonesia sebagai penantang baru di industry otomotif
di indonesia.
Potensi pasar otomotif Indonesia
Dikutip dari detikoto tanggal 12 maret 2017, Menperin
Airlangga Hartarto memprediksi dalam 3 tahun lagi yakni di 2020 penjualan mobil
akan mencapai 2,5 juta unit. Hal ini menunjukkan adanya potensi yang tinggi Penjualan
mobil, berdasarkan data penjualan tahun 2014 sebesar 1.2 juta unit.
Selain itu, Data Gabungan
Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil ke
dealer pada kuartal I 2017 tercatat sebanyak 283.245 unit, naik sebesar 5,96
persen dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu yakni 267.302
unit.
Pencapaian diatas, menjadi target
empuk bagi para produsen otomotif untuk berebut kue terutama bagi mereka yang
belum masuk ke Indonesia.
Historia vitae magistrae
Belajar dari pengalaman produsen
mobil pabrikan china yang kalah bersaing dengan pabrikan mobil seperti Toyota, Nissan,
Ford dll.. terkait dengan layanan purna jualnya sehingga dari sinilah PT. SGMW
Motor Indonesia akan membangun pabrik seluas 60 hektar di cikarang pusat Bekasi
jawa barat yang pembangunannya rampung tahun ini dengan pembagian 30 hektar
untuk pabrik dan 30 hektar untuk supplier park. Dan juga akan membangun 50
dealer yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga konsumen dari wuling ini
nantinya mudah mendapatkan pelayanan terkait sparepart atau servis lainnya.
Indonesia menjadi pasar bagi negara
lain, how about Indonesia ?
Menjadi raja di negeri sendiri
tentu menjadi suatu kebanggaan, and menjadi motivasi bagi bangsa ini untuk
menghasilkan karya otomotif sendiri..
“ini mobil buatan Indonesia”
banggaku akan karya negeri ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar